Tags

Holla , potingan kali ini adalah tentang belajar basic. sebenarnya saya ingin berbagi cara saja bagaimana memulai belajar dari dasar , dan yg akan kita pelajari adalah tentang linux server dengan virtualbox. mungkin dari temen-temen belum banyak yang tau ya tentang server. tapi kita sudah di berikan final projeck dari matakuliah jarkom 1 untuk membuat dan implementasi sebuh server. pasti yang muncul di pikiran pertama kalian adalah mau mulai belajar dari mana ?? apa yg mau di pelajari???  dan server apa yg mau kita buat ??? oke tidak usah bingung kita belajar dasar terlebih dahulu. di mata kuliah sistem operasi sudah sedikit di ajarkan perintah perintah dasar linux , tapi belum mengetahui secara dalam apa fungsi dan kegunaannya secara real / misal dalam implmentasi server itu sendiri.

oke tidak usah banyak teori karna akan bikin puyeng dan  lupa ingatan :v . kita langsung saja mulai belajarnya. apa aja yg kita perlukan :
1. vitualbox
2. Iso linux sever ubuntu
3. Iso client winxp misal
4. dan sedikit petuah biar lacara jaya tanpa hambatan :v

kita install dulu vitualboxnya .
– jalanlan setupnya ..
Untitled
Untitled1
Untitled3
Untitled4
Untitled5
untuk installasi tidak begitu rumit kan ?? kita tinggal ikuti langkahnya dan next next aja :v . habis itu kita running dulu aja virtualboxnya seperti di bawah ini
Untitled6
– sebelum kita membuat mesin vitual yang akan kita gunakan untuk installasi server sebaiknya kita melakukan beberapa settingan terlebuh dahulu
klik file – preference
Untitled7
– kita setting lokasi di mana kita akan menyimpan file vitual machine yg akan kita buat, untuk memudahkan kita dalam pencarian jika terjadi sesuatu dengan software virtualbox kita. pada tab general klik other dan tentuka lokasi sesuai yg kita inginkan.
Untitled8
– pada tab input kita setting tombol tombol shortcut keyboard yg nantinya akan berfungsi berbeda tentunya ketika kita menjalankan mesin vitual kita , contohnya tombol ctrl di sebelah kanan keyboard kita nanti akan berfungsi memindahkan cusor aktif yaitu di mesin virtual atau di dekstop kita.
Untitled9
– hilangkan centang check for update
Untitled10
– bahasa terserah anda mau pake yg mana mau bahasa sansekerta juga boleh :v kalo ada :v ..
Untitled11
– setting network fungsinya adalah membuat atau memberikan nic atau lan card yg nantinya berfungsi untuk menghubungkan mesin vitual kita dengan clien yg kita buat atau dengan komputer dekstop kita.
Untitled12

nah mungkin cukup itu saja yang perlu kita setting ,
yang selanjutnya adalah kita akan membuat mesin vitual, dari tai saya menyebut kan tentang mesin vitual udah pade tau belum :v ??? mesin vitual itu adalah mesin yg di buat seolah-olah meyerupai komputer melalui software vitual box, jadi kita bisa mengintall sistem operasi sesuai ke inginan kita tanpa mengubah sistem operasi yg sedang bejalan di komputer kita. ngerti to ????

oke lanjut aje …
– klik new untuk mebuat mesin virtual
Untitled15
– pilih jenis OS yang akan kita install misalnya saya contohkan di sini debian
Untitled16
– memory yg di butuhkan untuk menjalankan OS yg akan kita install , yg perlu di garis bawah.i disini adalah semakin banyak kita mengunakan kapasitas memory untuk mesin vitual semakin berkurang juga momory di komputer kita ketika mesin di jalankan.
Untitled17
– membuat vitual hardisk pilih create new
Untitled18
– pilih format yg akan di buat untuk mesin virtual , kita pilih saja VMDK karen nanti bisa juga di gunakan di software Vm-ware.
Untitled19
– vitual disk storage plih dynamic
Untitled20
– vitual disk size and location , pilih berapa ukuran hardisk yg akan kita buat untuk menjalan kan OS yg akan kita install nantinya
Untitled21
– seperti di bawah jadinya…
Untitled22
seperti biasa ya sebelum kita instaal kita juga harus melakukan beberapa settingan terlebih dahulu
– kita setting networknya dulu , network disini adalah seperti port lan atau interface lan kita yg akan kita hubungan dengan mesin virtual lain atau di hubungkan komputer host kita. secara defaul vbox menyediakan 4 buah interface card yg kita bisa gunakan , yaitu adapter 1 , 2 dsb. lalu beberapa pilihan untuk mesetting adapter kita di antaranya :
– nat : nat di sini mejadikan seolah-olah interface/adapter kita terhubung ke jaringan luar , seperti komputer host kita. misal jika komputer kita terhubung dengan internet maka os di mesin virtual juaga akan terhubung ke internet.
– host only adapter : berfungsi menhubungkan mesin virtual kita dengan komputer hot
– internal network : berfungsi menhubungkan antar mesin vitual kita misal kita membuat lebih dari satu dan kita berencana menghubungkannya.
-bridge network : membuat komputer host kita dan mesin vitual kita bisa saling terhubung , misalnya kita mau share wifi dari komputer host kita ke mesin vitual bisa di lakukan

– untuk ini kita setting adapter 1 mengunakan nat kita akan membuat seolah-olah terhubung ke internet melalui melalui komputer host yg terhubung ke internet.
– setting adapter 2 dengan mengunakan vitualbox only untuk menghubungkan  mesin vitual kita dengan komputer host.
Untitled24
– add image / iso os server yg mau kita intall
Untitled25
Untitled26

oke sampai di sini sudah paham selanjutnya kita belajar untuk mengintallnya. takut kepanjangan modulnya dan bikin males bacanya kita klik di sini saja untuk mempermudah oke sip :v . #akurapopoh …..

Advertisements