Tags

sekedar backup dan me-review kuliah tadi pagi, materi tentang searching pada pemrograman bahasa C. sebenarnya saya tidak akan membuat ini jikalau sehabis praktek di wajibkan membuat laporan. karena pada mata kuliah struktur data ini tidak di wajibkan membuat laporan sehabis praktek, maka saya ber inisiatip untuk memposting materi ini itung itung buat penganti laporan  atau backup ketika lupa pada materi ini bisa ngelihat postingan blog.

serching merupakan fasilitas yang di pakai dalam sebuah program atau aplikasi untuk mencari sebuah data yang di inginkan. dalam kasus ini searching di gunakan untuk mencari data yang tersimpan dalam sebuah variabel pada index array, apakah data yang kita cari itu ada atau tidak. ada dua buah macam metode di dalam searching, yaitu squencial searching dan binary search. lalu yang membedakan antara kedua metode tersebut apa ???

ssq

Squencial searching
Ilustrasinya adalah seperti gambar diatas , ketika kita ingin mencari data yang berisikan nilai “1” pada variable yang kita misalkan c , metode squencial akan mencari data tersebut secara beruntun di mulai dari index pertama sampai index terakhir dalam array. kemuadian di cocokan antara data yang kita cari dan data yang tersimpan dalam index array, jika data itu di temukan makan program akan menapilkan di index keberapa data tersebut di simpan , sebaliknya jika data tersebut tidak di temukan maka akan mengembalikan ke defaut “-1” kedalam program pencari dan menampilkan bahwa data itu tidak di temukan. contoh codingnya adalah seperti di bawah ini :
codessq
Hasil compilenya seperti di bawah ini ….
comp

binsq

Binary searching
berbeda dengan binary searching binary search mencari data dalam sebuah index array dengan membagi dua jumlah index array. kemudian membandingkan isi data yang berada di tengah atau middle pada index array , misalnya kita mencari data “54” di dalam index array, langkah pertama yang dilakukan program tersebut adalah membagi dua index array tersebut “LMR” left minddle right, kemudian data yang berada di minddle akan di bandingkan dengan data yang dicari, apakah data tersebut sama atau tidak jika data tersebut tidak sama maka prograam akan menhapus daftar data yang di cari apakah lebih kecil atau lebih besar , jika data yang di bandingkan lebih kecil maka daretan data yang lebih kecil akan di hapus dari daftar pencarian, begitu seterusnya sampai data itu di temukan. contoh codingnya seperti ini :
bincode bincode2
Hasil compailernya seperti ini :
bincom

Latihan :
1. Jalankan program – program di atas, input beberapa data dengan susunan terdapat beberapa data yang sama. Kemduian lakukan pencarian terhadap data yang sama tersebut. Perhatikan apa yang terjadi?
Contoh:
Jumlah data [max. 20]: 5
data ke-0: 4
data ke-1: 5
data ke-2: 5
data ke-3: 8
data ke-4: 9
cari: 5
2. Modifikasilah fungsi cari() pada program seqsrch.c dan binsrch.c agar dapat melakukan pencarian dengan tepat terhadap data yang sama!

nah mungkin itu sedikit laporaan mengenai materi searching pada bahasa pemrograman C , dan sedikit latihan sola mengenai materi tersebut , silahkan di kerjakan. itung itung ngebantu saya hahaha , saya juga belum bisa soudar soudara. kata orang “Praktek make perfect” ….

referensi :

Modul praktikum Struktur Data 2013 STMIK AMIKOM disusun oleh Bayu Setiaji.

Referensi ( Daftar Pustaka) :

  1. Munir, Rinaldi, 2005, Algoritma dan Pemrograman dalam bahasa Pascal dan C Edisi ke-3, Penerbit Informatika Bandung
  2. Utami, Ema; Raharjo, Suwanto; Sukrisno, 2007, Struktur Data Konsep dan Implementasinya dalam Bahasa C dan Free pascal di GNU/LINUX
Advertisements