Tags




STMIK AMIKOM
bekerja sama dengan Cisco . Cisco Networking Academy Program adalah program yang komprehensif tentang pelatihan dasar untuk merancang dan membangun , serta memelihara jaringan nasional & global. Keterampilan yang diperlukan untuk merancang , membangun dan memelihara jaringan jaringan kecil untuk ukuran medium . Program ini memberi Anda kesempatan untuk memasuki lapangan kerja atau melanjutkan pendidikan dan pelatihan di bidang Networking.

sertifikasi
Sertifikasi CCNA ( Cisco Certified Network Associate ) menunjukkan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang pembuatan jaringan Komputer .. profesional bersetifikasi CCNA dapat membangun , dan memelihara jaringan nasional / global, mampu mengatur dan mengoperasikan LAN , WAN dan menginstal Akses jaringan termasuk penggunaan protokol IP , IPX , RIP , IRGP , serial frame, Vlan , etehernet , ISDN , TCP , UDP , ICMP , telnet , ace daftar

Sedikit berbeda dengan sertifikasi-sertifikasi vendor lain (Microsoft, Novell, dsb), materi sertifikasi Cisco tidak hanya terfokus ke pembahasan produk yang dimilikinya (Internetwork Operating System (IOS) atau hardware). Tetapi juga memberi landasan konsep dan teori yang matang untuk Networking, Internetworking, Internet Protocol, TCP/IP, dsb. Hal ini yang membuat menarik dunia akademisi karena materi-materi itu sebenarnya juga diajarkan (telah eksis) dalam kurikulum jaringan komputer.

Yang menarik, Cisco Systems memiliki program jalur akademik, yang terwadahi dalam Cisco Networking Academy Program (CNAP). Kurikulum disusun per-semester (bukan model course seperti lembaga pelatihan), dan sudah tersedia modul interaktif, online assesment, serta manajemen akademi secara online (elearning system). Materi yang tersedia misalnya untuk mempersiapkan ujian sertifikasi CCNA, CCNP, IT Essensial, dsb. Hirarki akademi menurut standard Cisco Systems terbagi menjadi tiga: CATC (Cisco Academy Training Center), RA (Regional Academy) dan LA (Local Academy). CATC memiliki previledge untuk membuat dan mengelola beberapa RA beserta pelatihan untuk instrukturnya, demikian juga RA yang mengelola beberapa LA termasuk pelatihan untuk instruktur LA. Sedangkan LA mempunyai previledge untuk membuka kelas bagi student. Seluruh manajemen dilakukan secara online dalam sistem elearning yang bernama Academy Connection (http://cisco.netacad.net), yang memungkinkan pengelola akademi atau LMC (Legal Main Contact), instruktur, student dan alumni berkolaborasi dalam kegiatan belajar mengajar. Sekali lagi, kurikulum, modul, kuis, ujian online, dan bahkan sertifikat kelulusan (bagi yang lulus) sudah tersedia secara digital.

cnap.JPG

STMIK Amikom yogyakarta  sendiri merupakan salah satu local academy yang berada di yogyakarta. amikom bekerjasama dengan cisco untuk memudahkan mahasiswa amikom menguasai ilmu jaringan berbasis kurikulum CCNA. tentunya dengan kerjasama tersebut dapat menguntungkan kita sebagai mahasiswa amikom. karena cukup denga membayar 50ribu kita bisa mengikuti ujian langsung sertifikasi CCNA ataupun jika ingin mengikuti training berbasis kurikulum CCNA cukup dengan membayar 800ribu. info tersebut saya dapatkan dari dosen pak sudarmawan ketika mengampu mata kuliah jarkom1 di kelas saya semester pertama kemarin. range tersebut sangatlah murah bila dibandingkan jika kita mengikuti diluar academy STMIK Amikom Yogyakarta.

source/sumber : blog romisatiowahono dan amikom.ac.id

Advertisements