Tags

Dari kemarin-kemarin saya belajar mikrotik kebanyakan menggunakan Vbox/VMware karena keterbatasan alat atau perangkat jadi mau gak mau harus pake Virtual Box , tapi ada beberapa kendala ketika kita menggunakan program tersebut yaitu ketika kita mau menambahkan sebuah perangkat dan menghubungkannya kita harus menambahkannya secara manual , menginstall perangkat lagi satu persatu , topologi juga harus di bikin sendiri , wis isoh mbayak ke to ??? nek aku meeh nambah 10 router pie jal ??nah ada solusi baru yaitu dengan menggunakan emulator cisco yg bernama GNS3  untuk mensimulasi/menjalankan mikrotik menggunakan  bantuan software yg bernama Qemu , ladalah bingung to oponeh kui ?? Qemu sendiri adalah software yg berfungsi hampir sama dengan Vbox/VMware ?? wis rasah dowo2 ikie perbandingane ..

penjelasan singkatnya gini , dari hubungannya dengan gns3 kalo menggunakan vmware hannya bisa connect ke gns3 , sedangkan kalo kita menggunakan vbox atau qemu bisa di includekan ke gns3,yang kedua adalah dari segi license. untuk menggunakan vmware kita harus membayar untuk mendapatkan full service , sedangkan jika menggunakan vbox dan qemu itu bersifat open source gratis alias free license artinya kita sudah mendapatkan full service tanpa harus membayar , dari sini perbandingan antara ke tiganya belum terlihat hanya terlihat di vmware. yg membedakan di sini adalah memory loadnya & remark ketika mengunakan vbox/vmware itu membutuhkan load memori yg tinggi untuk menjalankan sebuah virtual os mikrotik, sedangkan qemu cuma membutuhkan load memori yg kecil. secara penggunaan vbox  dan vmware hanya bisa mengunakan 1 image untuk 1 router , ketika kita mau menambahkan router lagi ya kita harus membuatnya lagi. berbeda dengan qemukita hanya cukup membuat 1 image tapi kita bisa menggunakannya untuk beberapa router sekaligus. nah wes ngerti to bayangane ,

nah pie selanjute??? go to next step

singkat penjelasannya gini dowload dulu mikrotiknya yang berbentuk iso , kemudian install di virtual machine menggunakan qemu , baru kemudian di include kan di gns3 . uderstand / ngerti ora son ..
woke langsung praktek aja kalo gitu .

1. Yang perlu di siapkan

2. Kita buat image Mikrotik

  • Langkah selanjutnya adalah pindah file iso mikrotik  ke dalam folder GNS3 untuk memudahkan dalam menkonfigurasi C:\Program Files\GNS3
  • Buka cmd aktifkan di folder C:\Program Files\GNS3
  •  proses membuat img mikrotik
3. Proses perpindahan iso ke dmg
4. kemudian proses akan melanjutkan ke installasi Mikrotik di emulator Qemu

5. ketik “a” untuk memilih semua paket yang akan di install  dan “i” untuk install terakhir tekan “y”
6. Langkah terakhir adalah kita jalankan mikrotiknya

7. nah sekarang bagaimana cara kita include di gns3
  • Membuat symbol GNS3, klik edit >> symbol manager
8. nah oke di lanjut lagi , kemarin sempat ada kendala ketika menggunakan qemu waktu create.img filenya tidak muncul atau tidak tercreate jadi ketika kita mau menambahkan file *img ke dalam GNS3 tidak ada , solusinya adalah ketika kita mau membuat image pada langkah pertama , kita harus run as administrator pada cmd nya .
9. Setelah membuat simbol langkah selanjutnya ini
10. Kemudian lakukan test setting untuk memastikan settingan sudah berhasil.
11. lakukan pengujian
finish 😀
create by mahasiswa amikom
Advertisements